News

FORUM GROUP DISCUSSION (FGD), SEKOLAH DAN WALIMURID SATUKAN LANGKAH DALAM RANGKA MENDIDIK ANAK

Pada hari Sabtu 9 Januari 2021, SMP Muhammadiyah 6 Surabaya mengadakan agenda Forum Group Discussion (FGD) antara pihak sekolah dengan walimurid untuk membahas bagaimana pembelajaran anak di rumah ketika masa pandemi covid19. Forum tersebut dihadiri oleh segenap guru dan karyawan serta walimurid mulai dari kelas 7 hingga kelas 9 yang dilakukan secara bergiliran dengan memenuhi protokol kesehatan, dipandu langsung oleh Kepala Sekolah Ustadz Dikky Syadqomullah, S.HI., M.Hes dan Kaur Kurikulum SMP Muhammadiyah 6 Surabaya Ustadzah Nur Maulidia A, S.Pd serta sambutan dari Walimurid yang diwakili oleh Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd, dosen Universitas Negeri Surabaya, sekaligus ayahanda dari ananda Nasya Ashfiatu Rasyida kelas 9B

Dari hasil FGD tersebut didapat 15 poin kesepakatan, diantaranya ada 3 point yang sangat penting yaitu 1) Kesabaran dan ketelatenan adalah kunci dalam mendidik anak; 2) Perlunya sapaan yang ramah kepada anak, supaya mereka lebih dihargai; dan 3) Apabila peserta didik kesulitan memahami materi pembelajaran yang disampaikan melalui daring oleh Ustadz dan Ustadzah maka dipersilahkan datang ke sekolah untuk bertanya secara langsung atau mengerjakan secara langsung dengan bimbingan Ustadz dan Ustadzah pengampu mata pelajaran, namun tetap mematuhi protokol kesehatan serta pengawalan orangtua secara penuh untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Gambar 1. Ustadz Dikky Syadqomullah (memegang mic), Ustadzah Nur Maulidia (berjilbab, tengah) dan Ustadzah Afika (berjilbab, kanan) sedang berdiskusi dengan Walimurid.

“Sekolah dan orangtua harus berjalan beriringan dalam rangka mendidik anak. Diakui atau tidak, anak sudah mulai jenuh dengan aktifitas di rumah belum lagi godaan game dan lain sebagainya membuat kita sebagai orangtua harus ekstra untuk memantau dan memotivasi mereka” Ujar Ustadz Dikky Syadqomullah. “Benar Ustadz, kita perlu siapkan asesmen tahap dua untuk mengumpulkan informasi terkait kegiatan belajar dan ibadah anak ketika di rumah sehingga sekolah juga bisa turut andil, sekaligus memberikan solusi yang terbaik terkait belajar anak selama masa pandemi di semester genap 2020-2021 ini” Imbuh Ustadzah Nur Maulidia. Agenda FGD tersebut berlangsung dengan lancar dan tertib (B).

Leave a Reply