IPMNews

WEBINAR PR IPM SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA: MEMANFAATKAN TEKNOLOGI UNTUK DAKWAH ITU PENTING!!!

Sabtu 23 Januari 2021. Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) SMP Muhammadiyah 6 Surabaya menyelenggarakan Webinar yang bertajuk “Memanfaatkan Penggunaan Teknologi dalam Mencetak Generasi Milenial”. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja PR IPM SMP Muhammadiyah 6 di bidang Pengembangan Ilmu Pengetahuan (PIP) yang rutin dilaksanakan tiap tahun. Bedanya, pada tahun-tahun sebelumnya bukan berupa webinar namun pertemuan langsung antara seluruh pimpinan organisasi tersebut dengan peserta didik di kelas 7 hingga kelas 9 dengan membahas tema yang sama yaitu teknologi

Gambar 1. Tim PR IPM SMP Muhammadiyah 6 Surabaya,
Gasskeun Slurr !!!.

“Ini merupakan kegiatan yang pertama kami laksanakan melalui webinar, kami pikir ini sebuah langkah yang bagus karena pandemi ini tidak membuat program kerja di bidang PIP berhenti tapi malah sebaliknya kita lebih bersemangat untuk membuat agenda baru yang diselenggarakan melalui daring” Ujar Rasyanda Nugraha ketua bidang PIP. Lebih lanjut, ketua umum PR IPM SMP Muhammadiyah 6 Nasya Ashfiatu Rasyida menjelaskan latar belakang diadakannya agenda tersebut.

“Kegiatan ini secara khusus dirancang untuk memberikan edukasi kepada adik-adik kelas maupun teman-teman di kelas 9 agar bisa memanfaatkan teknologi dengan bijak, on the track, karena sekarang tuh anak-anak seusia kita (remaja) bisa menjadi dewasa sebelum waktunya akibat ilmu pengetahuan yang semakin mudah diakses, namun hal itu tidak dibarengi dengan kondisi kita yang masih labil jadi yaa informasi apa aja bisa masuk entah baik atau buruk, intinya pinter-pinter kita nge filter lah, dan hal  ini kami edukasi kepada teman-teman” Ungkap Nasya dengan bersemangat.

“Yaa benar, kita perlu memanfaatkan teknologi dengan lebih bijak, kita juga bisa kok memanfaatkan teknologi untuk memperluas dakwah Islam dikalangan pelajar agar teman-teman bisa membedakan mana informasi yang baik dan mana informasi yang tidak baik, apalagi sekarang sering beredar berita bohong atau hoax sehingga perlu diantisipasi, kadangkala berita itu auto masuk ke pikiran kita tanpa kita konfirmasi terlebih dahulu. Nah, inilah pentingnya mencari sumber-sumber atau referensi terpercaya untuk membuktikan suatu informasi itu hoaks atau tidak” Sambung Rasyanda menggebu nggebu.

Gambar 2. Tim Putri (IPMAWATI) PR IPM SMP Muhammadiyah 6 Surabaya bersama Ustadzah Afika (tengah).

Hal tersebut diamini dan diapresiasi oleh Ustadz dan Ustadzah SMP Muhammadiyah 6 Surabaya, menurut Ustadzah Afika Amalia S.Pd. selaku pemateri dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa agenda itu tidak hanya sebagai sarana transfer pengetahuan terkait dengan pemanfaatan teknologi untuk kegiatan dakwah dan kegiatan positif yang lain namun juga sebagai pengenalan organisasi IPM kepada adik-adik kelas mereka yang duduk di kelas 7 dan 8. Sehingga diharapkan mereka siap menjadi kader penerus di organisasi Muhammadiyah khususnya IPM. “Baik saya, Ustadz Dikky maupun Ustadzah Aulia memiliki visi yang sama terkait dengan acara tersebut yaitu sebisa mungkin kita siapkan kader yang melek teknologi dan pintar memanfaatkan teknologi agar tetap on the track dalam rangka dakwah Islam Amar Ma’ruf Nahi Mungkar dan Qodarullah mereka sangat antusias mengikuti agenda itu, baik panitia maupun pesertanya. Kami berharap ke depan, banyak inovasi-inovasi baru yang diciptakan oleh mereka serta ide-ide atau solusi-solusi baru yang bisa mereka tawarkan kepada sekolah terkait dengan pemberdayaan peserta didik di bidang organisasi”. Pungkas Beliau.(B).

Leave a Reply